Tes Jadi Dokter di Jepang Yang Unik dan Aneh

Tes Jadi Dokter di Jepang Yang Unik dan Aneh - Biasanya kalo mau tes kerja ada tes tulis yang kalo lolos bakal lanjut ke interview. Tapi salah satu rumah sakit terkenal di Jepang sana, namanya Kurashiki Central Hospital ternyata  punya cara unik buat ngetes calon dokter bedah mereka. Nggak lewat tes tulis, tapi langsung praktek.

Praktek bedah orang? Salah. Mereka punya 3 tes yang wajib diikuti dengan sukses. Para calon dokter pada berani nyoba? Tes pertama tuh buat origami berukuran 5mm dalam waktu 15 menit. Membuat origami gampang! Aku udah jago bikin origami dari zaman masih TK. Mungkin itu yang ada dipikiran kamu? Tapi gimana kalo origaminya berukuran 5mm? Itu kecil banget! Dan pastinya kamu wajib buatnya rapi!

Di tes pertama ini banyak peserta yang keliatan kesulitan, tapi emang dasar orang Jepang pantang nyerah ya. Mereka tetep nyoba terus walaupun nggak sedikit origami mereka yang gagal.


Tes kedua ngerangkai serangga dalam waktu 15 menit.  Masih mikir gampang? Para peserta tes banyak yang komen kalo tangan mereka sampai ada yang penuh lem, yang lebih susah lagi bagian tubuh serangga yang rapuh banget. Jadi sekali pun harus selesai dalam waktu 15 menit, tetep aja ketelitian dan kehati-hatian jadi nilai penting nih sob.


Tes ketiga jadi yang paling sulit dibanding yang lainnya. Tes buat sushi dari sebutir nasi dalam waktu 15 menit! Semua bahan untuk buat sushi semuanya aslib. Mulai dari nasi, telur ikan, sampai rumput laut. Dan yang bikin lebih ngeri nih, dalam 15 menit itu kamu nggak cuma bikin satu jenis sushi, tapi 1 set lengkap!


Ukuran sushi yang super kecil ditambah bahan-bahan yang dipakai asli dijamin mempersulit peserta tes sob. Ada yang bilang kalo paling sulit tuh pas nata rumput lautnya. Coz rumput laut kan tipis apalagi harus dipotong kecil-kecil.

Endingnya dari sekiar banyak peserta terpilih juga nih 3 orang pemenang, 2 cewek dan 1 cowok. Peserta yang lain pastinya ada yang kecewa, tapi biarpun kecewa mereka bisa nerima hasilnya dengan baik coz tes ini emang sulit tapi dilakuin bareng-bareng dan fair.

Banyak peserta tes dokter yang nggak nyangka tes kedokteran bakal sesusah ini, lebih susah dibanding pas tes masuk kuliah kedokteran. Tapi mereka yang gagal tetep nggak patah semangat dan bilang bakal lebih banyak latihan untuk tes tahun depan.


Kurashiki Central Hospital sendiri bilang alasan kenapa mereka ngelakuin tes unik kayak gini coz buat tahu siapa calon dokter yang bener-bener bisa ngelakuin tugas dengan tenang, teliti, penuh kehati-hatian tapi tetep tepat waktu dengan hasil yang baik. Namanya dokter bedah, pastinya ada tanggung jawab gede yang mereka pikul tiap masuk ruang operasi, jadi sekalipun kamu pinter di mata kuliah kedokteranmu dulu belum tentu kamu punya sikap yang seharusnya dimiliki dokter bedah. Coz nyawa pasien ada di tanganmu, jadi tetep harus serius dan sungguh-sungguh.

Terima kasih telah membaca artikel Tes Jadi Dokter di Jepang Yang Unik dan Aneh dengan URL http://pitekwalek.blogspot.com/2016/10/tes-jadi-dokter-di-jepang-yang-unik-dan-aneh.html, update terbaru seputar berita foto dan video yang jadi viral.

0 Komentar untuk "Tes Jadi Dokter di Jepang Yang Unik dan Aneh"
Back To Top