Blog kumpulan artikel, foto, video terbaru yang jadi viral dan hebohkan netizen Indonesia

Ads Here

Lucu: Bingung Modal? Pinjam Uang Dengan Jaminan Foto Bugil Aja

Lucu: Bingung Modal? Pinjam Uang Dengan Jaminan Foto Bugil Aja - Ada kebiasaan baru yang meresahkan dan dikecam di China, yaitu meminjam uang dengan jaminan foto bugil. Biasanya yang melakukannya adalah para mahasiswi yang butuh uang untuk kuliah atau modal bisnis. Seperti diberitakan The Guardian, Rabu (16/6), jenis peminjaman model ini marak di situs-situs peminjaman uang, salah satunya Jiedaibao. Situs ini memberikan akses meminjam uang kepada orang lain, termasuk keluarga atau teman, dengan perjanjian tertentu.

Salah satu perjanjiannya adalah memberikan jaminan berupa foto bugil peminjam yang berpose sambil memegang kartu identitas. Menurut kantor berita pemerintah Beijing, Youth Daily, dengan cara ini peminjam bisa mendapatkan utang dua hingga lima kali lipat lebih besar dari biasanya. Para pemberi pinjaman mengatakan akan merilis foto tersebut di internet jika utang tidak dibayar tepat waktu. Pembayaran sangat memberatkan karena bunga yang luar biasa besar.

Peminjam lazimnya adalah mahasiswi atau para pemudi yang kurang pengalaman dalam hal keuangan. Salah satunya, seperti dikutip Youth Daily, adalah wanita bernama alias Lin Xiao, mahasiswi dari Provinsi Jiangsu. Lin mengaku awalnya meminjam uang hanya 500 yuan atau Rp1 juta untuk membuka bisnis online. Namun dengan bunga mencekik leher, yaitu 30 persen per pekan, dia butuh uang lagi untuk membayar utang.

Gali lubang tutup lubang, Lin berujung para utang sekitar 120 ribu yuan atau hampir Rp250 juta kepada 15 orang dari situs peminjaman. Dalam kurun waktu empat bulan, utangnya tersebut berbunga hingga dua kali lipat, mencapai 250 ribu yuan, lebih dari Rp500 juta. Akhirnya dia setuju mengirimkan foto bugil kepada seorang rentenir di situs itu untuk meminjam uang lainnya demi membayar utang tersebut, lengkap dengan identitas seperti alamat dan nomor telepon.

Menuai Kecaman
Praktik Pinjam Uang Dengan Jaminan Foto Telanjang ini menuai kecaman dari ribuan orang di media sosial China. Kebanyakan mendesak pemerintah menindak para lintah darat yang memanfaatkan para peminjam yang terdesak kebutuhan. “Peminjaman seperti ini seperti opium. Mengapa pembuat kebijakan mengabaikannya?” kata seorang pengguna weibo, media sosial serupa Twitter di China.

Sementara yang lainnya mengaku tidak bersimpati terhadap para peminjam. “Apakah mereka layak mendapat simpati? Tidak. Kalian seharusnya hanya menggunakan uang yang bisa didapatkan. Mengapa kalian menggunakan uang yang tidak bisa kalian peroleh?” kata pengguna Weibo. Juru bicara Jiedaibao saat dihubungi The Guardian mengaku mengutuk praktik peminjaman seperti itu dan mengatakan perusahaannya akan menyelidiki kasus ini. Pernyataan ini berbeda dengan yang disampaikan Jiedaibao kepada Youth Daily, yang mengatakan perusahaan tidak punya kendali terhadap peminjaman di situs mereka

Thanks for reading Lucu: Bingung Modal? Pinjam Uang Dengan Jaminan Foto Bugil Aja. Please share...!

0 Comment for "Lucu: Bingung Modal? Pinjam Uang Dengan Jaminan Foto Bugil Aja"

Back To Top