Blog kumpulan artikel, foto, video terbaru yang jadi viral dan hebohkan netizen Indonesia

Ads Here

Viral! Foto Pria Panjat Candi Borobudur Untuk Selfie Hebohkan Netizen

Viral! Foto Pria Panjat Candi Borobudur Untuk Selfie Hebohkan Netizen
Viral! Foto Pria Panjat Candi Borobudur Untuk Selfie Hebohkan Netizen - Warganet (netizen) mengecam ulah seorang pengunjung Candi Borobudur yang tertangkap kamera sedang asik foto sembari memanjat dinding candi. Foto tersebut viral dengan menyebar di berbagai media sosial sejak Senin siang.

Foto itu pertama kali diunggah oleh akun Facebook bernama Ardia Arga Pramoedya di sebuah grup komunitas Info Cegatan Jogja (ICJ), sekitar pukul 12.00 WIB.

Akun Ardia mengunggah 3 foto, seluruhnya dengan jelas memperlihatkan seorang pria berkacamata hitam, kemeja, celana jins robek, berdiri di langkan sambil memegang monopod dan kamera.

Tidak butuh waktu lama, postingan Ardia direspons oleh hampir 900 netizen dan dibagi ratusan kali. Sebagian besar menhujat ulah pengunjung tersebut.
BACA JUGA:
Heboh! Video Ceramah Ustad Zulkifli Muhammad Ali Sebut Operasi Sesar Bisikan Setan
"Merusak pemandangan!" tulis akun Ariss Ichsanudin.
"Gak menghormati tempat ibadah," timpal akun Jay Adja.
"Pengelola mohon ditindak, mungkin yang bersangkutan bisa 'magang' seminggu bersihin candi," imbuh akun Riza Fadholi.

Dalam kolom komentar, Ardia sempat membalas beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh para netizen. Menurut dia pengunjung itu sudah diingatkan oleh pengunjung lainnya tetapi dia keukeuh berfoto di atas langkan candi.

"Sudah diingatkan banyak orang, bahkan wisatawan manca negara juga, tapi tetap tidak mau turun," tulisnya menggunakan bahasa Jawa halus.

Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB), Marsis Sutopo, saat dikonfirmasi mengaku sudah menerima laporan kejadian tersebut. Dia menyatakan, perilaku pengunjung itu tidak patut dicontoh karena jelas merupakan pelanggaran.

Marsis menyebut, sudah melakukan berbagai upaya agar pengunjung tertib saat berada di candi Buddha terbesar di dunia itu. Candi Borobudur bukan hanya lokasi wisata tapi juga cagar budaya sekaligus tempat ibadah yang harus dihormati.

Foto Pria Panjat Candi Borobudur Untuk Selfie
Beberapa aturan telah diterapkan, seperti tidak boleh duduk di stupa, memanjat dinding, menginjat stupa dan sebagainya. Papan peringatan juga sudah dipasang di banyak titik, ditambah petugas yang rutin beroperasi.

"Tapi masih banyak pengunjung yang mengabaikan dan mencuri-curi kesempatan untuk melanggar peringatan itu. Kami terus memikirkan, bagaimana cara antisipasi yang paling efektif, supaya tidak terjadi pelanggaran-pelanggaram ketertiban," katanya.
BACA JUGA:
4 Dokter Indonesia Rela Miskin Demi Menggratiskan Pasiennya, Perjuangannya Bikin Salut
Marsis tidak menampik ada beberapa faktor yang menjadi kendala pengaturan para pengunjung saat berada di atas candi Borobudur. Salah satunya, jumlah petugas yang tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung. Minimnya pengawasan menjadi peluang pengunjung untuk melakukan pelanggaran.

"Jumlahnya tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung dan luas wilayah yang harus diawasi. Kami akan lakukan pembenahan dan mungkin salah satu alternatif solusinya dengan menambah petugas," ucap dia.

Thanks for reading Viral! Foto Pria Panjat Candi Borobudur Untuk Selfie Hebohkan Netizen. Please share...!

0 Comment for "Viral! Foto Pria Panjat Candi Borobudur Untuk Selfie Hebohkan Netizen"

Back To Top