Inilah 7 Permainan Jadul Era 90-an Yang Bikin Kangen

Inilah 7 Permainan Jadul Era 90-an Yang Bikin Kangen - Bagi anda yang lahir di tahun 90an mungkin masing ingat dengan permainan jadul yang kini sudah jarang ditemui.

Dikutip dari berbagai sumber, TribunnewsBogor.com mencoba merangkum permaianan jaman dulu alias jadul yang kini tinggal kenangan.

1. Meriam Bambu
Diera tahun 80-90an, permianan ini menjadi sanagt digemari terutama saat memasuki bulan puasa dan liburan sekolah. Meriam bambu terbuat dari bambu berukuran panjang sekitar 2,5 meter. Biasanya, ada tiga ruas di bambu sepanjang 2,5 meter itu yang kemudian di bobok dua ruas bambu yang berada di depannya dan sedikit dilubangi dibangian bambu paling bawah untuk mengisi minyak dan menyimpan sumbu.

Bahan bakarnya pun selain menggunakan minyak tanah, ada juga yang menggunkan karbit agar meriam ini bersuara kencang ketika lubang sumbu disulut pakai api. Namun, saat ini minyak tanah sudah tebilang langka di Indonesia dan hargannya pun melambung sehingga belakangan sudah tidak terlihat lagi anak-anak memainkan permaian tradisional ini.

2. Klereng
Jenis permainan klereng atau gundu ini sangat populer dimanikan oleh anak-anak usai pulang sekolah maupun saat sore hari. Biasanya, permainan ini dimainkan di sebuah halaman yang alasnya masih tanah sehingga mempermudah menyusun klereng untuk dibidik oleh para pemainnya.

Bentuk klereng ini bulat meyerupai bola namun terbuat dari kaca. Warnanya pun bermacam-macam seperti putih, bening dan ada juga yang didalamnya seperi bunga berwarna-warni. Permainan gundu ini sering dimanikan anak-anak diperkampungan.

3. Lompat karet
Permianan karet biasanya paling sering dimanikan oleh para wanita ditahun 90an. Tapi tidak jarang juga anak laki-laki yang ikut nimbrung dalam permainan lompat karet ini. Permainan lompat karet ini mengguakan karet gelang yang disusun memanjang hingga mencapai 2 samapi 3 meter.

Serunya, ketinggian permaianan ini dilakukan secara bertaham dari mulai paling bawah hingga paling tinggi dengan sebutan “merdeka”. Namun, saat tahapan karet dalam posisi merdeka ini jarang sekali yang berhasil melompatinya sehinga mereka harus bergantian berjaga menggantikan temannya yang memegang karet.

4. Tazos
Permainan yang satu ini sedikit berbeda, seba untuk memanikan ini kita harus membeli Chiki yang berhadiahkan tazos. Tazos ini semacam lembaran plastik yang ada lubang dibagian pinggirnya agar bisa disusun. Saat disusun, bisa berbentuk apapun yang kita mau seperti robot, motor hingga topi.

Namun, ada juga yang dimainkan dengan cara diadu atau di tos pakai tangan. Jika tazosnya berbalik kebelakang maka dia yang kalah dan harus memberikan tazosnya kepada si pemenang.

5. Tamia
Dulu anak laki-laki di tahun 90-an pasti masing ingat dengan mobilan kecil menggunakan dinamo dan batu batre sebagai penggeraknya. Permainan ini cukup menjadi legenda bagi para lelaki di saat itu.

Sebab, selain beradu cepat diperlintasan, juga bisa dimodifikasi agar mobil tamiya nya terlihat lebih garang dan juga cepat saat balapan. Walapun trek yang digunkan hayan berputar-putar saja, namun permainan ini membuat kita sering kali lupa waktu.

6 Gimbot
Permainan Gimbot ini harganya memang tergolong mahal saat itu, sehingga hanya dimiliki oleh sebagian anak saja. Dalam gimbot ini ada beberaqpa permaian seperti tetris hingga Tank layaknya peperangan.

namun, permaian tetrislah yang paling banyak peminatnya untuk memaikan permainan ini. Kadang, ada juga pedagang yang datang ke sekolahan SD untuk menyewakan Gimbot saat siswa sedang beristrahat dengan ujung jimbot terikat tali agar tidak dibawa jauh oleh anak yang sedang meyewanya itu.

7. BePe (Bongkar Pasang)
Permainan ini sangat ngehits dikalangan perempuan tahun 90an. Permainan Bongkar Pasang biasa disebut BePe ini terbuat dari kertas yang berisi gambar orang-orangan wanita beserta bagu dan aksesoris yang pakai oleh orang itu.

Bahkan, saat dimainakan permainan ini layaknya seperti dalam kehidupan yang memiliki rumah yang terbuat dari bungkus rorok kosong yang disusun berbaris. Tokoh dalam permainan BePe ini pun bermacam-macam, namun yang sering menjadi favorit para wanita kal itu yakni tokoh sailormoon.

Terima kasih telah membaca artikel Inilah 7 Permainan Jadul Era 90-an Yang Bikin Kangen, update terbaru seputar berita foto dan video yang jadi viral.

0 Komentar untuk "Inilah 7 Permainan Jadul Era 90-an Yang Bikin Kangen"
Back To Top