Blog kumpulan artikel, foto, video terbaru yang jadi viral dan hebohkan netizen Indonesia

Ads Here

Tak Banyak Yang Tau, Inilah Filosofi Penyebutan Angka Dalam Bahasa Jawa

Tak Banyak Yang Tau, Inilah Filosofi Penyebutan Angka Dalam Bahasa Jawa - Suku jawa adalah suku terbesar di Indonesia, bahkan selain di Indonesia, suku jawa telah tersebar keseluruh pelosok dunia dan menjadikan suku jawa salah satu suku terbesar yang ada di dunia.

Ada hal unik yang perlu kalian tahu tentang penyebutan angka dan bilangan dalam bahasa jawa, walaupun ini sangat jarang diketahui oleh orang indonesia pada umumnya, bahkan orang jawa pun hanya sebagian saja yang mengetahui mengenai makna yang tersirat dalam penyebutan angka dalam bahasa jawa, Bagimana dengan kalian?

Penyebutan angka dalam bahasa jawa ( halus) dapat dikategorikan unik, mengapa? karena ada beberapa misteri dari arti setiap penybutan angka dimana dalam penyebutaannya berkaitan dengan umur seseorang atau lebih dikenal sebagai roda kehidupan manusia sehingga setelah kalian mengetahuinya betapa menakjubkan filosofi suku jawa ini, penasaran?

1. Angka 11 - 19
Penyebutan angka 11 tidak disebut sepuluh siji ( 10 = sepuluh, 1 = siji) melainkan sewelas sedangkan 12 akan disebut = rolas dan seterusnya hingga 19 dengan penambahan "Las" di akhirnya. Apa makna dari penyebutan ini, mengapa sepuluhan harus diganti dengan welasan?

Filosofinya :
Untuk anak-anak yang berumur 11-19, sangat erat kaitannya dengan rasa belas kasih ( Welas Asih) dimana pada masa itu , kita akan mengenal rasa cinta dan kasih terhadap seseorang lawan jenis atau dikenal dengan masa remaja. Oleh sebab itu penyebutan angka 11-19 disebut welas.

2. Angka 21 -29
Penyebutan angka 20 dalam bahasa jawa adalah "rongpuluh", maka secara logika penyebutan selanjutnya adalah 21 merupakan rongpuluh siji, tapi tidak demikian. Penyebutan angka 21 adalah selikur, 22 adalah ronglikur dan seterusnya hingga angka 29 namun ada yang berbeda penyebutan angka 25 yaitu selawe, mengapa demikian?

Filosofinya :
Kata Likur dalam penyebutan angka tersebut adalah kependekan dari kata Lingguh Kursi atau duduk dikursi dimana hal itu mengartikan kita sebagai manusia mendapatkan tempat duduk yaitu berupa pekerjaan sedangkan pada angka 25 disebut selawe yaitu kependekan dari Seneng-senenge Lanang lan Wedok ( senang-senangnya laki-laki dan perempuan) yang berarti puncak asmara pria dan wanita yang ditandai dengan pernikahan, karena memang usia 25 adalah usia yang umum untuk laki-laki berumah tangga.

3. Angka 50
Untuk penyebutan 30an dan 40an, menggunakan tata penyebutan yang normal seperti 30 = Telung puluh sehingga 31 = telungpuluh siji dan seterusnya. Namun yang berbeda adalah di angka 50 dimana tidak disebut limangpuluh melainkan Seket, mengapa demikian?

Folisofinya :
Seket adalah kependekan dari Seneng Kethoan atau berarti memakai Kethu/ tutup kepala/kopiah/topi dan sebagainya dimana seseorang yang telah berumur atau berusia lanjut yang dilambangkan dengan penutuan kepala dimana rambut mulai memutih atau mulai habis karena umur tua. Dan arti lain adalah di angka 50 tersebut, penutup kepala (kopiah) menandakan orang yang sedang beribadah dimana mengingatkan bahwa umur 50an kita harus lebih memperhatikan ibadah kita jauh lebih dari biasanya.

4. Angka 60
Angka 60 juga memiliki penyebutan yang berbeda melainkan sewidak atau juga suwidak , mengapa angka ini juga berbeda?

Filosofinya:
Sewidak adalah kependekan dari Sejatine Wis Wayahe TinDak dimana pada umur 60an adalah waktunya kita bersiap-siap untuk meninggalkan dunia yang fana ini, sehingga mengingatkan kita akan harus lebih bersyukur jika usia kita melebihi umur 60 tahun.

Thanks for reading Tak Banyak Yang Tau, Inilah Filosofi Penyebutan Angka Dalam Bahasa Jawa. Please share...!

0 Comment for "Tak Banyak Yang Tau, Inilah Filosofi Penyebutan Angka Dalam Bahasa Jawa"

Back To Top