Kisah Eka Duta, Remaja Yang Kumpulkan Uang Receh Untuk Bayar Sekolah

Kisah Eka Duta, Remaja Yang Kumpulkan Uang Receh Untuk Bayar Sekolah - Eka Duta Prasetya (15) kini bisa tersenyum sumringah. Siswa kelas 8 MAN 1 Kota Magelang itu tak perlu khawatir tak bisa bayar sekolah, karena semua biaya pendidikan hingga dia lulus sudah ditanggung pihak sekolah.

Kisah Duta, panggilan akrab Eka Duta Prasetya yang membayar biaya sekolah dengan tumpukan uang recehan viral. Foto Duta sedang membayar biaya sekolah dengan uang receh yang diunggah oleh akun Facebook Yuni Rusmini mendapat lebih dari 12 ribu komentar dan dibagikan 16 ribu kali.

"Kisah inspiratif siswa akan semangat sekolah dari Magelang. Anak ini bikin banyak orang mbrebes karena tersentuh akan tekad dan semangatnya untuk bisa sekolah," tulis Yuni 20 Juni kemarin.

Duta merupakan remaja asal Desa Ngadirejo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Siswa lulusan Mts Negeri Kota Magelang ini mendaftar sekolah ke MAN 1 Kota Magelang dengan menggunakan uang receh yang ditabungnya sejak kelas 6 SD.

"Dari kelas 6 SD kumpulin uangnya. Ada 3 celengan, yang difoto itu uangnya ada Rp 1,5 juta," kata Duta saat dihubungi kumparan.com.

Tabungan tersebut dikumpulkan Eka Duta dari uang saku sehari-hari. Dalam sehari, Duta biasa menabung Rp 1.000 hingga Rp 7.000. Uang yang ditabungnya memang berbentuk recehan koin karena ayah Duta seorang tukang parkir sehingga sehari-hari uang jajannya selalu recehan.

Menabung selama 4 tahun harusnya uang yang terkumpul bisa lebih dari Rp 1,5 juta, namun ternyata uang tabungan Duta sering dia berikan untuk berobat neneknya yang sakit.

"Ayah kerja jadi tukang parkir. Ibu sudah lama pisah. Tinggal di rumah sama nenek dan ayah saja," ucap Duta yang hobi main bola ini.

Siswa kelahiran 1 Juni 2011 ini mengaku awal mula menabung untuk membeli laptop. Namun ternyata dia membutuhkan uang untuk melanjutkan sekolahnya.

"Awalnya nabung itu buat beli laptop. Tapi kata ayah bilang ilmu agama itu lebih penting jadi kamu sekolah di MAN saja. Kata ayah kalau ilmu agama sudah dapat, harta benda yang ada di dunia ini entah dari mana mesti bisa ngikutin nanti," ujarnya.
0 Komentar untuk "Kisah Eka Duta, Remaja Yang Kumpulkan Uang Receh Untuk Bayar Sekolah"
Back To Top