Blog kumpulan artikel, foto, video terbaru yang jadi viral dan hebohkan netizen Indonesia

Ads Here

Foto: 6 Masjid Terindah Di Dunia Yang Di Bangun Di Atas Air [Indonesia Termasuk]

Foto: 6 Masjid Terindah Di Dunia Yang Di Bangun Di Atas Air [Indonesia Termasuk] - Di antara kemegahan masjid-masjid kuno yang dihiasi ubin kualitas nomor satu atau lapisan emas, ada pula masjid terapung yang menampilkan keindahan berbeda. Seperti yang dikutip dari beritapopuler.top, Berdiri megah di atas danau atau tepi lautan, masjid-masjid ini seolah menawarkan ketenangan batin bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Berikut ini beberapa masjid terapung dengan gaya arsitektur paling menakjubkan yang ada di berbagai negara. Salah satunya berlokasi di Indonesia dan menjadi kebanggaan nusantara.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien - Brunei Darussalam
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien adalah masjid kebanggaan Brunei Darussalam. Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu masjid terindah di Asia Pasifik dan Asia Tenggara. Tempat ibadah ini dikenal karena kemewahannya, ditandai dengan menara yang terbuat dari marmer dan kubah berlapis emas asli.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien terletak di Bandar Seri Begawan, ibukota Kesultanan Brunei. Masjid ini dibangun di atas sebuah laguna buatan di tepi Sungai Brunei, Kampong Ayer. Sementara bangunannya merupakan perpaduan arsitektur Mughal dan Italia

Menara masjid dilengkapi dengan elevator yang bisa membawa pengunjung ke puncak. Dari sana pemandangan seluruh kota bisa terlihat jelas. Sementara di malam hari, bangunan masjidnya sendiri diterangi lampu berwarna-warni yang indah.

2. Masjid Al-Rahma - Arab Saudi
Nama resmi masjid ini adalah Masjid Al-Rahma. Letaknya di Corniche, Jeddah, Arab Saudi. Namun masjid terapung Jeddah tampaknya menjadi nama yang lebih familiar di telinga warga setempat. Ada juga yang menyebutnya masjid putih Jeddah.

Masjid yang luar biasa ini merupakan perpaduan antara arsitektur modern dengan seni bangunan Islam kuno dan telah difasilitasi dengan teknologi canggih. Disebut terapung karena masjid ini dibangun di atas pilar yang terendam air Laut Merah. Tak hanya desain eksteriornya yang menakjubkan, bagian dalam masjid pun dibangun dengan interior yang tak kalah mengagumkan. Bahkan kubahnya pun dihiasi lampu temaram yang terlihat indah di kala malam.

Pemandangan Laut Merah yang tenang sejauh mata memandang membuat sejumlah pengunjung menganggap tempat ini ideal untuk menenangkan diri. Uniknya, tak hanya umat muslim yang rutin melakukan i'tikaf di sini. Para pemeluk agama lain pun kerap bermeditasi di sini. Pasalnya, Masjid Al-Rahma memang terbuka untuk umum.

3. Masjid Amirul Mukminin - Indonesia
Masjid Amirul Mukminin diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia. Letaknya di Jalan Penghibur, Makassar, Sulawesi Selatan. Tempat ibadah tersebut lebih populer dengan nama masjid terapung saja.

Meskipun tidak semewah dua masjid terapung yang disebutkan sebelumnya, Masjid Amirul Mukminin menawarkan keindahan tersendiri di balik kesederhanaannya. Masjid yang berdiri di atas air laut ini menyuguhkan pemandangan indah dari kawasan anjungan Pantai Losari, objek wisata populer di Makassar.

Biasanya masjid ini ramai dikunjungi warga menjelang sore. Banyak orangtua, anak-anak, dan muda-mudi yang berpiknik di kawasan masjid sembari menikmati matahari terbenam. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pihak pengelola masjid menetapkan larangan berpacaran di area tempat ibadah.

4. Masjid Kristal Kuala Terengganu - Malaysia
Diklaim situs When On Earth sebagai salah satu masjid terindah di dunia, Masjid Kristal Terengganu memang memiliki keindahan yang berbeda. Keseluruhan masjid ini dibangun dengan kaca dan baja, sehingga menampilkan ilusi bercahaya bak kristal saat tertimpa cahaya matahari.

Di malam hari, Masjid Kristal tampak seperti istana dongeng dari negeri 1001 malam berkat lampu warna-warni yang membuat tempat ibadah tersebut bermandikan cahaya biru, kuning, hijau, dan merah muda.

Masjid Kristal terletak di kota pesisir Kuala Terengganu, negara bagian Terengganu. Bangunan masjid didirikan di kompleks Taman Tamadun Islam, tepatnya di atas pulau buatan yang disebut Wan Man. Di sebelahnya mengalir Sungai Terengganu yang bersih.

5. Masjid Haji Ali Dargah - India
Kalau Brunei Darussalam punya Masjid Amirul Mukminin, India punya Masjid Haji Ali Dargah. Masjid ini berdiri tegak di tengah laut Kota Mumbai dan menjadi saksi sejarah Islam di India.

Masjid ini berada di kawasan Worli Bay dan sudah berumur lebih dari 500 tahun. Bangunan tersebut berfungsi sebagai tempat ibadah dan pemakaman. Setiap hari, sekitar 10.000 warga berkunjung ke Masjid Ali Dargah untuk melakukan ibadah dan ziarah. Di dalamnya terdapat makam Pir Haji Ali Shah Bukhari, seorang ulama yang berasal dari Bukhara, Uzbekistan. Sang ulama telah berjasa dalam menyebarkan agama Islam di tanah Hindustan.

Masjid terhubung ke daratan oleh sebuah jembatan. Menurut situs resmi Masjid Ali Dargah, bangunan masjid terbuat dari marmer Makrana yang dipakai untuk mendirikan Taj Mahal.

6. Masjid Selat Melaka
Malacca Straits Mosque atau Masjid Selat Melaka adalah masjid yang sangat tersohor di Malaysia. Masjid ini dibangun di atas pulau buatan, tepat di pinggiran Selat Melaka. Sama seperti Masjid Kristal Terengganu, Masjid Selat Melaka juga berdiri di atas pilar yang tertancap di dasar laut. Tak heran kalau masjid ini tampak seperti mengapung di lautan.

Masjid Selat Melaka diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 5 Agustus 2010. Kabarnya, pembangunan masjid ini menghabiskan biaya sekitar MYR 10 juta atau sekitar Rp 36 miliar. Itulah masjid-masjid terapung paling indah di berbagai belahan dunia. Menurut kamu, mana yang paling menakjubkan?

Thanks for reading Foto: 6 Masjid Terindah Di Dunia Yang Di Bangun Di Atas Air [Indonesia Termasuk]. Please share...!

0 Comment for "Foto: 6 Masjid Terindah Di Dunia Yang Di Bangun Di Atas Air [Indonesia Termasuk]"

Back To Top