Blog kumpulan artikel, foto, video terbaru yang jadi viral dan hebohkan netizen Indonesia

Ads Here

Heboh Logo Palu Arit di Uang 100 Ribu Rupiah, Ini Penjelasan BI

Heboh Logo Palu Arit di Uang 100 Ribu Rupiah
Heboh Logo Palu Arit di Uang 100 Ribu Rupiah, Ini Penjelasan BI - Bank Indonesia (BI) membantah menggunakan logo palu arit di uang kertas pecahan Rp100 ribu. Istilah palu arit menjadi sensitif karena erat kaitannya dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, logo BI dalam uang kertas pecahan Rp100 ribu dicetak rectoverso.

"Menurut hemat saya, ini masalah persepsi, karena ada yg bilang bentuknya seperti cookie," katanya kepada Okezone, Sabtu (12/11/2016).

Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas di mana pada posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan bagian belakang uang kertas terdapat suatu ornamen khusus seperti gambar tidak beraturan.

Namun demikian, apabila rectoverso pada uang kertas diterawang ke arah cahaya maka akan terbentuk suatu gambar yang beraturan. Pada setiap pecahan uang kertas Rupiah, rectoverso-nya membentuk ornamen lambang "BI" (singkatan dari Bank Indonesia).

"Pemilihan warna juga tidak disengaja seperti itu. Ini adalah salah satu security feature dan desain tersebut telah dipakai sejak lama," ucapnya.

Ternyata, selain pecahan Rp100 ribu, teknik rectoverso juga digunakan pada uang Rp2.000 sejak 2009. Sementara untuk uang Rp5.000 sejak 2001.

Thanks for reading Heboh Logo Palu Arit di Uang 100 Ribu Rupiah, Ini Penjelasan BI. Please share...!

0 Comment for "Heboh Logo Palu Arit di Uang 100 Ribu Rupiah, Ini Penjelasan BI"

Back To Top