Hehehee... Asyik Bernyanyi di Atas Panggung, Kapolsek Ini Langsung Dicopot

Hehehee... Asyik Bernyanyi di Atas Panggung, Kapolsek Ini Langsung Dicopot - Bernyanyi memang bukan sebuah pelanggaran bagi seorang polisi. Namun, karena asyik bernyanyi dan mengubah lirik lagunya diatas panggung Kompol Suwantoro yang merupakan Kapolsek Mantrijeron Kota Jogja ini, harus dicopot karena telah melanggar kode etik seorang polisi yang harusnya netral di masa kampanye politik.

Pasalnya ia bernyanyi di atas panggung saat acara kampanye salah satu pasangan calon Wali Kota Jogja, Minggu (6/11/2016). Karena hal itu, oknum polisi ini langsung dicopot dari jabatannya sebagai Kapolsek diKecamatan Mantrijeron pada hari Seninnya.

Perwira dengan satu mawar di pundak itu dianggap mencederai kode etik dan netralitas Polri pada pilkada. Kini penyidik Polda DIY masih mencari bukti adanya unsur pelanggaran yang dilakukan Suwantoro.

"Yang bersangkutan kami tempatkan di Polda. Untuk sementara di non job-kan sampai menunggu sanksi disiplin yang diberikan," kata Wakapolda DIJ Kombes Pol Teguh Sarwono usai memimpin upacara serah terima jabatan Kapolsek Mantrijeron di Mapolresta Jogja (7/11/2016).

Hal ini terjadi setelah Suwantoro ikut bernyanyi di panggung dan mengubah lirik lagu yang dinyanyikan. Misalnya dalam lagu berjudul Balen.

"Jan jane dik aku wis rindu, Wis rong tahun lawase ora ketemu, Eling eling dik zamane semono, Runtang runtung dukung Pak Haryadi anane ra ono liyo," nyanyian Kapolsek saat berduet dengan artis pada paragraf pertama.

Pada paragraf ketiga masih di lagu yang sama Kapolsek kembali menyebut nama Haryadi. "Horotoyoh.. Nganggo teklek kecemplung kalen, Timbang golek dik Pak Haryadi sowan mriki."

Aksi Suwantoro diduga melanggar kode etik profesi polisi pasal 12 huruf (e) tentang netralitas aparat dalam kegiatan politik. Jadi, tak menutup kemungkinan Suwantoro akan dijatuhi sanksi berat jika dalam pemeriksaan nanti terbukti melakukan politik praktis.

Dan sebagai penggantinya, ditunjuk Kompol Agus Setya Budi yang sebelumnya menjabat sebagai analis kebijakan pertama Bagops Polresta Jogja.
0 Komentar untuk "Hehehee... Asyik Bernyanyi di Atas Panggung, Kapolsek Ini Langsung Dicopot"
Back To Top