Blog kumpulan artikel, foto, video terbaru yang jadi viral dan hebohkan netizen Indonesia

Ads Here

WEW! Piero Manzoni, Seniman Fenomenal yang Jual Tainya Sendiri

WEW! Piero Manzoni, Seniman Fenomenal yang Jual Tainya Sendiri - Siapa sih yang punya ide menjual kotorannya sendiri? Jawabannya ya Piero Manzoni. Seniman Italia ini memang dikenal sebagai pionir sekaligus seniman kreatif yang mengklaim menjual tahi miliknya ke dalam sebuaha kaleng.

Kotoran Piero Manzoni itu mulai dijual tahun 1961 dalam sebuah kaleng metal berisi 30 gram kotoran. Manzoni mungkin tidak pernah menduga, ide jualan tahi dalam kaleng tersebut bisa jadi sangat fenomenal bahkan terjual dengan harga tidak masuk akal.

Dilansir odditycentral.com, pada 2007 sebuah galeri seni di London membeli 1 dari 90 kaleng tai Manzoni senilai 30.000 dolar AS atau sekitar Rp 397.110.000 saat itu. Meski terdengar konyol namun bak harga properti, kaleng-kaleng tahi Manzoni dijual semakin mahal.
BACA JUGA:
Kumpulan Foto Para Driver Ojek Online Cantik yang Bikin Penumpangnya Jatuh Hati
Pada tahun yang sama, satu kaleng kotoran Manzoni kembali terjual di Milan, Italia. Harganya mencapai 108,000 dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar. Peningkatan harga per kaleng kotoran Manzoni ini semakin tidak masuk akal. Kabarnya tahun lalu ada yang membeli kaleng nomor 54 seharga 242.000 dolar AS atau setara dengan Rp 3,2 miliar.

Harga yang fantastis untuk sekaleng kotoran yang disimpan sejak 1961.

Manzoni sendiri merupakan seorang seniman aristrokat asal Italia yang punya spesifikasi melukis dengan metode konvesional. Namun gaya lukisannya ini berubah pada 1957 saat ini berkujung ke sebuah pameran Yves Klein di Galleria Apollinaire, Milan, Italia.

Pada tahun 1958, Manzoni menggelar pameran bertema avant-garde pertamanya. Ia juga terus melanjutkan gaya seni yang tidak biasa termasuk seni rupa dari telur rebus yang ia beri tanda sidik jari miliknya, serangkaian balon yang ia beri nama 'Artist's Breath' alias nafas seniman, dan karya paling fenomenalnya  “Merda d’Artista” alias kotoran seniman.
BACA JUGA:
Video Hot: Anggota Dewan Berikan Pendidikan Seks Dengan Cara Ini
Manzoni memanfaatkan pabrik sang Ayah dan memproduksi 90 kaleng kotoran, lengkap dengan tanda tangan, dan label Artist’s Shit, Freshly Preserved, Produced and Tinned in May 1961.

Setiap kaleng berisi 30 gram tahi yang dijual setara dengan harga emas pada saat itu.

Banyak penikmat seni merasa penasaran dengan isi dari kaleng-kaleng tersebut. Apa benar berisi kotoran? Namun tidak ada satu orang pun yang berani membuka kaleng tersebut. | Kumparan.com

Thanks for reading WEW! Piero Manzoni, Seniman Fenomenal yang Jual Tainya Sendiri. Please share...!

0 Comment for "WEW! Piero Manzoni, Seniman Fenomenal yang Jual Tainya Sendiri"

Back To Top