Aiptu Ruslan, Polisi yang Nyambi Jadi Tukang Sol Sepatu

Aiptu Ruslan, Polisi yang Nyambi Jadi Tukang Sol Sepatu - Polisi hari-hari belakangan ini ramai diperbincangkan. Apalagi kalau bukan soal calon pengganti Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang sebentar lagi pensiun. Kini, bahkan sudah muncul nama calon kuat penggantinya yakni Komjen Tito Karnavian, yang menjabat Kepala BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris).

Sejenak palingkan dulu membahas siapa sosok yang akan memimpin Polri setelah pensiunnya Badrodin Haiti. Kita tengok ke ujung barat Indonesia, tepatnya di Pidie, Aceh. Di sana ada sosok polisi sederhana bernama Ruslan dengan pangkat Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu). Polisi ini sehari-hari berdinas sebagai Kanit Binmas Kepolisian Sektor Pidie, Resor Pidie, Aceh.

Namun, yang menarik adalah, selain bertugas sebagai polisi, Aiptu Ruslan ternyata memiliki kerja sampingan sebagai tukang sol sepatu dan sandal di daerah tempat tinggalnya. Pekerjaaan sampingan ini telah ditekuninya sejak 1978 di Sigli.

Seperti dilansir tribratanews.com, apa yang dilakukan Ruslan semata-mata merupakan usaha sampingan untuk mencari rezeki yang halal. Ayah 5 anak ini tampak tegar dan bersemangat menekuninya. Meskipun ia harus menjalankan tugas pokoknya sebagai anggota Bhayangkara yang berperan sebagai Kanit Binmas Polsek Pidie dan sering melakukan penyuluhan–penyuluhan ke desa–desa, pekerjaaan sampingannya itu tetap dilakoni.

Selain untuk menambah biaya kebutuhan sehari-sehari keluarganya, profesi sampingan yang ditekuni Ruslan ini juga digunakan untuk membiayai pengobatan orangtuanya yang telah lama sakit keras. Diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk merawatnya.

Kehadiran polisi jujur, semangat menjalani hidup tanpa harus malu dengan profesi sampingan yang sama sekali jauh dari tugasnya seakan terus bertambah. Belum lama ini di Malang ada Bripka Seladi, polisi lalu lintas yang nyambi sebagai pencari barang-barang bekas. Sosok polisi jujur dan sederhana ini pun tak malu menyambi bekerja layaknya seorang pemulung.

Ada juga AKBP Asep, Kapolres Cianjur, Jabar yang punya kepedulian tinggi terhadap orang yang tak mampu. AKBP Asep sempat jadi pembicaraan ketika dia membangunkan sebuah rumah layak huni kepada seorang warga Cinajur yang tempat tinggalnya sangat memprihatinkan.

Pun demikian dengan Aiptu Mustamin, yang memiliki kerja sampingan sebagai penambal ban bocor di Makassar.

Polisi-polisi ini sejatinya bisa menjadi teladan bagi rekan-rekannya. Di tengah sorotan yang masih negatif terhadap aparat penegak hukum ini, kehadiran polisi-polisi yang jujur serta dapat menjadi pengayom sangat dinantikan masyarakat.

Terima kasih telah membaca artikel Aiptu Ruslan, Polisi yang Nyambi Jadi Tukang Sol Sepatu dengan URL http://pitekwalek.blogspot.com/2016/06/aiptu-ruslan-polisi-yang-nyambi-jadi-tukang-sol-sepatu.html, update terbaru seputar berita foto dan video yang jadi viral.

0 Komentar untuk "Aiptu Ruslan, Polisi yang Nyambi Jadi Tukang Sol Sepatu"
Back To Top