Taukah Kamu ? 5 Tempat di Indonesia Ini Simpan Banyak Emas

Taukah Kamu ? 5 Tempat di Indonesia Ini Simpan Banyak Emas - Bukan rahasia jika negeri ini menyimpan kekayaan yang melimpah dan terhampar di bumi Indonesia. Di balik kekayaan alamnya yang menggoda, kandungan di emas-emas yang begitu banyak, tersembunyi di perut pertiwi. Tak heran, jika sejak dulu Indonesia menjadi primadona dunia.

Indonesia menjadi pemilik kandungan emas terbesar di dunia. Buktinya adalah Papua alias Freeport yang jumlah emasnya jutaan ton. Ternyata tak hanya Papua saja yang memiliki kandungan emas melimpah. Diketahui beberapa daerah lain di Indonesia juga memiliki keunggulan serupa.

Penasaran daerah apa saja? Dilansir JadiBerita dari berbagai sumber, ini dia 5 kawasan Indonesia yang mengandung emas berlimpah.

1. Bengkulu
Bengkulu belakangan mendapatkan banyak perhatian dari beberapa perusahaan eksplorasi raksasa karena diduga di provinsi ini banyak tersimpan emas. Diwartakan Liputan6.com, Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Seluma ternyata menyimpan potensi kandungan emas yang luar biasa.

Hasil survei awal tim ahli geologi berbendera Berick dari Inggris menunjukkan potensi kandungan emas melebihi satu juta ounces. Dalam hitungan kasar, satu ounces setara dengan 280 gram. Bisa jadi angka itu lebih banyak 10 hingga 20 kali lipat dari hasil survei awal. Ini artinya Bengkulu menyimpan potensi emas lebih besar dari Papua!

2. Bogor
Tanah Bogor ternyata mengandung emas. Tepatnya terletak di Gunung Pongkor. Lokasi ini memang sudah menjadi kawasan pertambangan emas yang dikelola oleh BUMN tambang PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Diberitakan Detik.com, kegiatan tambang emas bawah tanah di Pongkor disebut-sebut yang terbesar se-Jawa, dan sudah mencapai usia empat dekade yang dimulai pada 1974. Hasil survei yang dilakukan pada 1981-1982 menunjukan di Gunung Pongkor terdapat kadar buih 4 gpt Emas dan 126 gpt perak, dengan kapasitas produksi UBPE Pongkor saat itu sudah mencapai 2,5 ton emas per tahun.

3. Tapanuli Selatan
Provinsi Sumatera Utara kini tidak hanya dikenal karena keindahan Danau Toba. Lebih dari itu, di Tanah Batak itu telah beroperasi sebuah tambang emas modern berkelas dunia bernama Tambang Emas Martabe. Tambang yang dikelola oleh PT Agincourt Resources ini berlokasi di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Tambang itu dilengkapi fasilitas pelabuhan, dan pembangkit listrik berbahan bakar batubara berkapasitas 230 Megawatt (MW) dengan luas 30 km2. Dilansir dari Situs Martabe, cadangan emas dan perak di wilayah ini sangat prospektif, dengan potensi selama 50 tahun. Sumber dayanya mencapai 7,86 juta ounce emas dan 73,48 juta ounce perak, dengan cadangan mencapai 3,03 juta ounce emas (Au) dan 33,63 juta ounce perak (Ag).

4. Halmahera
Halmahera adalah pulau terbesar di Kepulauan Maluku. Siapa sangka daerah yang berada di Maluku Utara ini pun menyimpan si logam kuning dalam jumlah yang cukup banyak. Diketahui, saat ini memang sudah ada tambang di sana dengan hasil yang tidak terlalu banyak tapi progresif.

Di Halmahera setidaknya ada tiga tambang yang sudah dioperasikan. Masing-masing sudah menghasilkan emas dalam jumlah yang lumayan. Perkiraannya, di tahun-tahun mendatang tambang-tambang di sini bisa menghasilkan jutaan ons emas dan mengalahkan hasil produksi di tambang-tambang lainnya.

5. Bali
Tak hanya alamnya yang indah, tanah Bali ternyata menyimpan emas. Dilansir dari Merdeka.com, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi Bali, I Ketut Ariantana, melansir data cukup mencengangkan.

Pasalnya, secara geologis tanah Bali ini memiliki potensi kandungan emas yang luar biasa. Namun, memang perlu penelitian karena letaknya terlalu dalam. Jumlahnya sendiri tidak diketahui secara pasti, tapi perkiraannya lebih dari satu juta ons.

Terima kasih telah membaca artikel Taukah Kamu ? 5 Tempat di Indonesia Ini Simpan Banyak Emas dengan URL http://pitekwalek.blogspot.com/2016/10/5-tempat-di-indonesia-ini-simpan-banyak-emas.html, update terbaru seputar berita foto dan video yang jadi viral.

0 Komentar untuk "Taukah Kamu ? 5 Tempat di Indonesia Ini Simpan Banyak Emas"
Back To Top