Admin Pitek Walek

Fahri Hamzah Sebut TKI Adalah ‘Babu’ di Twitter Bikin Geram Netizen

Fahri Hamzah Sebut TKI Adalah ‘Babu’ di Twitter Bikin Geram Netizen - Cuitan kontrversial kembali menghebohkan jagad tanah air. Kali ini kicauan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebut TKI adalah babu.

Tweet yang banjir kritikan itu diposting Fahri pada Selasa pagi 24 Januari 2017. Tak lama kemudian postingan itupun dihapus. Tapi screenshot kicauan itu sudah beredar luas di media sosial.

“Anak bangsa mengemis menjadi babu di negeri orang dan pekerja asing merajalela…” demikian cuitan Fahri Hamzah yang bikin geram jagad tanah air.
BACA JUGA:
Video Anak Jalanan Stand Up Comedy Ini Bikin Kapolresta Medan Terbahak-Bahak
Menteri Ketenagakerjaan pada Kabinet Kerja 2014-2019,Muhammad Hanif Dhakiri melalui akun Twitter pribadinya langsung menanggapi cuitan Fahri. Hanif Dhakiri menyindir kicauan Fahri.

“Sy anak babu. Ibu sy bekerja mjd TKI scr terhormat. Tdk mengemis, tdk sakiti org, tdk curi uang uang rakyat. Saya bangga pd Ibu. #MaafkanFahriBu” kicau akun @hanifdhakiri.

Direktur Migrant Care Anis Hidayah dalam kicauannya juga mengkritik cuitan Fahri Hamzah. Anis menyebut tidak ada yang mengemis, mereka bekerja menjadi PRT di luar negeri secara terhormat.

Anis dalam Twitter @anishidayah justru bertanya pada Fahri apakah sudah memartabatkan TKI ? Diapun menyebut revisi UU TKI hanya jalan ditempat sejak tahun 2010. Undang-Undang yang dimaksud Anis adalah UU Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri. Revisinya menjadi salah satu program legislasi nasional prioritas 2016. Tapi sampai kini belum ada kejelasan kapan revisi itu selesai.

Atas kicaun kontroversialnya tersebut, Fahri Hamzah akhirnya meminta maaf. Wakil Ketua DPR RI itu meminta maaf setelah banjir kritikan dari berbagai pihak.

Sebelum meminta maaf, Fahri sebenarnya mengklarifikasi bahwa sebutan ‘babu’ dan ‘mengemis’ sengaja dipilih untuk menghindari kata lain yang lebih ekstrem. Dia juga menjelaskan konteks kicauannya itu tentang warga yang bekerja di luar negeri.

Fahri mengaku kicauan itu dipicu kasus palu-arit dan juga aksi saling lapor yang belakangan ini semakin marak. Dia curiga keributan diciptakan untuk pengalihan isu dari banyak kasus yang seharusnya diperhatikan publik semisal mengenai tenaga kerja di Indonesia kesulitan hidup sehingga bekerja ditempat lain.
0 Komentar untuk "Fahri Hamzah Sebut TKI Adalah ‘Babu’ di Twitter Bikin Geram Netizen"
Back To Top